Monday, January 8, 2018

Ketahui Fungsi dan Manfaat Powerpoint dalam Berpresentasi

SeputarDuniaKomputer, Microsoft Powerpoint merupakan salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya di gunakan untuk keperluan presentasi, mengajar dan untuk membuat animasi sederhana. Dengan hadirnya aplikasi powerpoint, bisa menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparansi proyektor atau sering di sebut dengan OHP (Over Head Proyektor). Karena dengan aplikasi powerpoint, membuat presentasi bisa menjadi mudah karena di dukung dengan fitur-fitur yang canggih dan menarik.

Program microsoft powerpoint pertama kali di kembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Pada masa itu microsoft powerpoint di gunakan sebagai presentasi untuk perusahaan yang bernama Forenhought, Inc yang kemudian di ubah namanya menjadi Powerpoint.

Microsoft powerpoint pertama kali di rilis pada tahun 1087 dengan versi 1.0. Saat itu di rilis untuk sistem operasi Apple Macintosh. Microsoft powerpoint masih menggunakan warna hitam putih, yang dapat membuat halaman teks dan grafik untuk OHP (Overhead Projector) Versi berikutnya muncul setahu kemudian dengan dukungan warna.
Pada 31 juli 1987, icrosoft mengakuisisi Forenthouht, Inc dan perangkat lunaknya powerpoint seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi powerpoint 2.0 muncul ke pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu powerpoint telah menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dalam paket microsoft office.
Microsoft powerpoint juga menyediakan template untuk perintah presentasi kalian. Banyak template yang bisa kalian pilih dalam presentasi karena aplikasi powerpoint sudah menyediakan banyak template yang cukup bagus dan bisa kalian gunakan dalam presentasi.

Aplikasi powerpoint juga mempunyai keunggulan yang cukup bagus diantaranya yaitu :

  • Sangat mudah dalam mengoprasikan aplikasi powerpoint.
  • Tersedia juga macam-macam desain dan animasi
  • Banyak template yang sudah di sediakan oleh aplikasi powerpoint.
  • Bisa di gunakan untuk mengedit foto secara langsung
  • Dapat juga di buat dengan berbagai format.

Dengan banyaknya keunggulan yang di miliki oleh aplikasi powerpoint maka powerpoint mempunyai mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.
  2. Menambahkan audio, video, gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan tampak hidup.
  3. Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide.
  4. Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat di akses melalui perangkat komputer.

Microsoft powerpoint juga mempunyai manfaat dalam berpresentasi di antaranya yaitu :

  • Materi yang di sampaikan menjadi lebih menarik
  • Materi yang di sampaikan juga mudah untuk di mengerti.
  • Materi yang di sampaikan akan lebih jelas.

Dari beberapa fungsi dan manfaat microsoft powerpoint dalam presentasi bisa menambah pengetahuan kalian tentang powerpoint.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan