Friday, October 6, 2017

2 Contoh Perangkat Masukan Komputer Beserta Fungsi dan Cara Penggunaannya



Perangkat Masukan Komputer

Peralatan ini berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke dalam memori komputer sehingga dapat diolah menjadi informasi. Di bawah ini merupakan jenis-jenis perangkat masukan yang ada pada komputer.

  • Mouse

Mouse merupakan alat penggerak kursor yang berguna untuk mempercepat dan mempermudah proses pekerjaan. Mouse juga digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau untuk memberikan perintah secara praktis & cepat dalam memilih menu atau toolbar yang tersedia.

Fungsi dan cara penggunaan mouse :

  1. Klik Kiri : Di gunakan untuk memilih/menandai aplikasi, caranya dengan melakukan klik sekali tombol mouse sebelah kiri.
  2. Klik Kanan : Di gunakan untuk mengeluarkan menu cepat aplikasi, caranya dengan melakukan klik sekali tombol mouse sebelah kanan.
  3. Drag : Di gunakan untuk mem-blok, caranya dengan menekan dan menahan tombol mouse di bagian kiri sambil menggeser mouse.
  4. Double Klik : Di gunakan untuk membuka aplikasi, caranya dengan melakukan klik dua kali tanpa menggeser mouse


  • Keyboard (papan ketik komputer)

Keyboard merupakan media untuk memasukkan data (huruf, angka, karakter khusus) atau perintah dari pemakai memalui tombol-tombol yang ada. Susunan tombol-tombol di keyboard hampir sama dengan yang ada di mesin ketik biasa. Keyboard digunakan khusus untuk menjalankan atau memasukkan data, intruksi, atau program ke dalam komputer, serta memiliki tombol-tombol khusus yang tidak ada pada mesin ketik biasa.

Fungsi keyboard antara lain :

  1. Sebagai alat untuk memasukkan data dan instruksi
  2. Untuk membawa sistem komputer dalam keadaan siap digunakan
Keyboard yang dijual di pasaran terdiri dari bermacam-macam bentuk dan model, tetapi fungsi dari masing-masing tombol sama. Tombol yang terdapat di keyboard secara umum dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu :

  1. Function Key : meliputi F1, F2 . . . F12, dimana setiap tombol mempunyai fungsi khusus yang tergantung pada program / software yang digunakan
  2. Typewriter Key : bagian yang terletak di tengah hampir sama dengan mesin ketik manual (angka & huruf A-Z) dan tombol tambahan yang tidak terdapat di mesin ketik manual (tanda baca dan symbol), serta beberapa tombol fungsi (Tab, Capslock, Shift, dll).
  3. Numeric Key : bagian yang terletak di kanan, biasanya berfungsi sebagai tombol pengganti kalkulator. Pengetikan angka baru berfungsi bila tombol NumLock diaktifkan sehingga lampu indikasi Num menyala.
  4. Arrow Key : berupa tombol bergambar panah yang berfungsi memindahkan kursor ke arah kanan, kiri, atas maupun bawah sesuai tombol panah yang kita inginkan

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan