Tuesday, November 7, 2017

3 Cara Menjadikan Hp Android sebagai Modem Wifi

3 Cara Menjadikan Hp Android sebagai Modem Wifi, Semakin berkembangnya teknologi saat ini, nampaknya fleksibilitas perangkan android sangat bisa kita rasakan manfaatnya. Adapun dengan berbagai multifungsi yang ditawarkannya tentu perangkat android juga semakin di minati. Selain mampu menghadirkan fitur-fitur yang menarik, banyak pula ponsel android yang juga ditunjang dengan jaringan super cepat 3G HSDPA dan bahkan saat ini juga telah mendukung 4G LTE. Adapun dengan kecepatan akses internet yang rata-rata bisa mencapai 7.2 Mbps sampai dengan 42 Mbps. Hebatnya lagi ternyata kita juga bisa memanfaatkan hp android tersebut untuk berbagi koneksi ke laptop atau PC sebagai modem melalui fitur yang sudah disediakan.

Pada dasarnya ponsel pintar android yang beredar saat ini kebanyakan telah didukung dengan fitur seperti hotspot wifi, bluetooth dan USB port untuk berbagi data baik ke sesama ponsel android maupun ke perangkat laptop ataupun PC sehingga membantu kita dengan Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem. Jadi dengan fitur tersebutlah kita bisa memanfaatkannya untuk saling berbagi koneksi jaringan internet apabila sewaktu-waktu kita tidak memiliki kuota.

Tapi apakah dengan berbagi koneksi jaringan tersebut, koneksinya bisa stabil?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya untuk kecepatan internet dengan menggunakan modem asli jauh lebih baik, akan tetapi dengan berbagai koneksi baik menggunakan bluetooth, wifi portable maupun kabel USB dirasa masih cukup stabil meskipun tidak signifikan. Sebab bagaimanapun juga para pengguna tentu menginginkan koneksi internet yang stabil dengan kecepatan maksimal.

Ada 3 cara untuk menjadikan hp android menjadi modem yang telah disediakan. Adapun ketiga cara tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dengan begitu kalian bisa membagikan jaringan internet baik ke sesama ponsel, ke laptop maupun ke PC dengan lebih mudah. 
  1. Dengan memanfaatkan fitur USB yang ada pada ponsel android
  2. Dengan menggunakan fitur bluetooth
  3. Dengan menggunakan wifi portabel. bagaimana caranya, langsung saja simak artikel berikut.

Cara menjadikan hp android sebagai modem menggunakan USB tethering

Tahap awal yang harus kalian persiapkan :
  1. Sebuah perangkat hp android
  2. Pastikan ponsel tersebut memiliki kuota internet yang mencukupi
  3. Siapkan sebuah kabel USB bawaan ponsel android yang support dengan laptop atau komputer

Adapun cara pengaturan Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem seperti berikut :

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah  menghubungkan ponsel android ke sebuah perangkan PC atau laptop dengan menggunakan kabel data tersebut.
  • Kemudian tunggu sampai dikenali oleh komputer dengan munculnya notifikasi bahwa ponsel telah terhubung.
  • Lalu pada ponsel android akan muncul beberapa pilihan dan pilihlah opsi Wireless & Network
  • Setelah itu akan muncul lagi pilihan tethering & portable hostpot
  • Sampai di sini apabila USB telah sukses terhubung, maka akan muncul pilihan USB tethering pada ponsel.
  • Aktifkan pilihan tersebut dengan memberikan tanda centang
  • Langkah terakhir, ponsel kalian sudah bisa digunakan sebagai modem via USB kabel.


Apabila semua langkah di atas berjalan degan benar, maka kalian sudah bisa mulai browsing internet dengan menggunakan komputer atau laptop. Akan tetapi jika muncul pemberitahuan “There is no internet connection” saat melakukan browsing, mungkin ada tahap-tahap yang terlewatkan, maka ulangi langkah di atas dengan benar.

Cara menjadikan hp android Sebagai Modem menggunakan bluetooth tethering

Mungkin untuk kalian yang masih belum tahu dan mendengar jika bluetooth bisa dimanfaatkan sebagai berbagi koneksi internet, maka akan merasa kaget, dan akan muncul pertanyaan "Bagaimana bisa?" ya, karena kalian lebih akrab menggunakan bluetooth untuk berbagi data, bukan untuk berbagi koneksi internet. Padahal, pernyataan tersebut benar adanya. Kalian bisa menggunakan ponsel android sebagai modem untuk berbagi koneksi melalui fitur bluetooth. Adapun cara menjadikan hp android Sebagai Modem via bluetooth seperti berikut ini.

Tahap pertama yang harus kalian persiapkan adalah :
  1. Persiapkan komputer atau laptop dan juga ponsel android
  2. Pastikan ponsel android memiliki kuota internet yang memadai
  3. Aktifkan fitur bluetooth pada ponsel serta nyalakan pengaturan visibilitas bluetooth pada android agar bisa terbaca dan dikenali oleh komputer.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Nyalakan juga fitur bluetooth pada komputer yang ada di menu “device and printers” pada control panel.
  • Pilih add device pada menu “device and printers” 
  • Kemudian sinkronkan antara bluetooth ponsel dan komputer untuk bisa berkomunikasi
  • Apabila sudah terhubung dan bisa dikenali langkah selanjutnya adalah ponsel android kalian masuk ke menu pengaturan
  • Lalu kita pilih menu “Nirkabel dan Jaringan”
  • Kemudian kita klik pengaturan jaringan lainnya
  • Pada menu tersebut kita pilih “Tethering dan Hotspot Portable”
  • Selanjutnya kalian centang pada tulisan “Penambatan bluetooth” untuk menghidupkan fitur modem via bluetooth

Sampai tahap ini kalian telah mengatur penambatan bluetooth pada ponsel android untuk di aktifkan, kemudian kita buka laptop atau komputer untuk mulai menyambungkan dengan cara :
  • Kalian buka menu “Device and Printers” pada control panel
  • Berikutnya kita klik kanan pada gambar bluetooth pada jendela “Device and Printers”
  • Kemudian akan tampil beberapa pilihan di sana, namun klik saja “Connect using” dan pilih “access point”

Sekarang ponsel kalian sudah berhasil digunakan sebagai modem via bluetooth. Kalian bisa mencoba browsing menggunakan komputer dengan lebih mudah tanpa harus membeli sebuah modem asli. Namun perlu kalian ketahui bahwa cara menjadikan hp android Sebagai Modem via bluetooth ini bisa dilakukan dan berjalan hanya pada laptop yang dilengkapi fitur bluetooth.

Cara menjadikan hp android Sebagai Modem menggunakan hotspot portable

Cara menjadikan hp android sebagai modem kali ini tidak jauh berbeda dengan pengaturan sebelumnya. Hanya saja yang membedakan di sini kita memanfaatkan fitur wifi yang ada pada ponsel android dan laptop atau komputer kita untuk berbagi koneksi internet. Adapun caranya seperti berikut :
  • Langkah pertama yaitu masuk ke menu pengaturan pada ponsel android.
  • Kemudian kalian pilih “Nirkabel dan Jaringan”
  • Selanjutnya kalian masuk pada pilihan “Tethering dan Portable Hotspot” (di sana nanti akan muncul 2 pilihan yakni “Penambatan USB” dan “Hotspot Wifi Portable”, maka langsung saja kita pilih “Hostpot wifi portable”). 
  • Jangan lupa untuk mengatur nama dan kata sandi agar hotspot portable yang kalian buat lebih aman dan tidak digunakan oleh orang lain. Adapun caranya bisa langsung menuju ke pengaturan hotspot wifi portable dan mengisi kata sandi dan klik selesai.

Sampai di sini kalian sudah berhasil mengatur sebuah ponsel android Sebagai Modem via Wifi. Selanjutnya untuk memastikan apakah sudah berhasil : Kalian aktifkan terlebih dahulu fitur wifi pada laptop atau ponsel android lain, kemudian kita lihat apakah sudah ada nama hotspot portable yang telah kalian buat tadi. Jika hotspot yang kalian buat sudah berhasil muncul pada menu wifi. Maka kalian bisa mulai menghubungkan dengan mengisi password yang telah kalian buat tadi. Selanjutnya komputer atau ponsel akan mulai menautkan untuk bisa menggunakan koneksi yang dibuat.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan