Wednesday, November 8, 2017

3 Fungsi Tombol Esc pada Keyboard yang Jarang Orang Mengetahuinya

Komputer sudah menjadi bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia sejak awal '90 an, karena komputer ini memiliki banyak fungsi yang membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Piranti ini terdiri dari banyak perangkat keras, salah satunya adalah keyboard. Nah, sesuai dengan judul diatas, kita akan mengetahui fungsi yang tersembunyi dibalik tombol Esc.
Pada tombol Esc, kebanyakan dari kita hanya mengetahui fungsi tombol Esc adalah melakukan proses cancel dari proses yang kita jalankan.


Pada umumnya perintah Esc untuk membatalkan dialog atau perintah. Contohnya saat kalian ingin membuka file melalui Microsoft Office dengan menekan Ctrl+O, lalu tiba-tiba kalian baru sadar ternyata dokumen sebelumnya belum Kalian simpan, Kalian bisa dengan seketika menutup kotak dialog Open tersebut dengan menekan tombol Esc. Pada browser, Kalian bisa menekan Esc untuk menghentikan proses loading halaman web yang sedang Kalian buka. Di Explorer, Kalian bisa menghentikan prose pencarian item dengan menekan Esc. Namun ternyata fungsi pada tombol Esc tidak hanya itu saja dan mari kita lihat fungsi lainnya dari tombol Esc :

1. Membentuk perintah baru dengan cara mengkombinasikan dengan tombol lainnya

Pada Sistem Operasi Windows kita bisa melakukan kombinasi antara tombol CTRL + Esc yang akan memunculkan tombol Start menu, kemudian jika kita menekan tombol CTRL + SHIFT + Esc  akan muncul task manager, lalu jika kita menekan tombol ALT + Esc akan muncul program yang kita buka sebelumnya.
Kemudian pada sistem operasi MAC jika kita menekan tombol Command + Option + Esc akan membuka Force Quit atau proses yang sama seperti Task Manager pada sistem operasi windows.
Dan jika didalam game fungsi Esc bisa untuk "Pause" atau tombol ini juga bisa berfungsi untuk keluar dari game yang sedang dijalankan.


2. Membatalkan suatu perintah

Pada umumnya jika ada dialog atau progress yang muncul di layar biasanya kita mengklik silang dengan menggunakan mouse akan tetapi jika kita menggunakan tombol Esc itu akan menghemat waktu kalian dan secara instan dialog itu menghilang dari tampilan layar kalian. Selain itu jika dalam membuat program tentunya tombol Esc ini sangat berguna karena ketika kalian sudah menjalankan program namun kalian lupa memberikan kontrol untuk menghentikan suatu perintah maka kalian bisa gunakan tombol Esc untuk menghentikan perintah tersebut.


3. Menutup Pop-Up Yang Mengganggu Tanpa Harus Menggerakan Mouse

Biasanya setiap orang akan terganggu dan merasa jengkel bila ada pop-up yang tiba-tiba muncul dan menutupi layar komputer. Kalian pun akan merasa lelah jika harus menutup pop-up tersebut dengan menggunakan sebuah mouse, kita akan merasa lelah karena dipaksa menggerakan 2 gerakan (Menggeser dan Menekan Tombol pada mouse). Untuk memperirit tenaga dan waktu kalian, kalian bisa menutup pop-up dengan menekan tombol Esc sekali saja.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan