Saturday, January 20, 2018

Cara yang Sangat Ampuh Untuk Menghemat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

SeputarDuniaTeknologi, Baterai laptop selain harganya MAHAL juga tidak dapat menyimpan energi yang besar sehingga hal ini menjadikan salah satu kelemahan dari laptop. Dengan adanya kelemahan itu sebenarnya para pengguna laptop tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tips dan trik untuk menghemat baterai laptop kalian. Setiap laptop pasti memiliki baterai laptop yang memberikan daya ke laptop, ketika tidak tersambung ke steker-melalui AC/DC power adaptor. Baterai laptop ada dalam berbagai bentuk dan spesifikasi model.

Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja dll. Baterai laptop yang sama bisa bertahan lebih lama di laptop yang sama jika kalian mengoptimalkan pengaturan penggunaan daya pada panel kontrol. Kalian dapat menurunkan kecerahan layar, mengurangi kecepatan pemrosesan CPU, metode pendinginan, dan pengaturan lain yang tersedia di laptop Kalian. Beberapa dari setting ini dapat diubah hanya melalui perangkat lunak manajemen produsen tenaga listrik

Baterai laptop sekarang menggunakan baterai lithium ion, tetapi model yang lebih baru menggunakan teknologi lithium polimer baru. Kedua teknologi ini telah banyak menggantikan baterai tua nikel metal-hydride. Baterai laptop stkalianr adalah dapat digunakan dua sampai lima jam digunakan, tetapi mungkin turun sekitar satu jam ketika melakukan tugas berat. Kinerja  baterai akan menurun secara bertahap seiring dengan waktu, yang akhirnya menyebabkan penggantian dalam satu sampai tiga tahun, tergantung pada pola pengisian dan pemakaian.

Apabila kalian ingin menghemat baterai laptop, silahkan saja ikuti tips dan trik menghemat baterai laptop yang ada di bawah ini :

  • Sebaiknya webcam di matikan supaya energi baterai dapat di simpan.
  • Pastikan resolusi yang di pakai dalam layar monitor pada tingkat resolusi yang kecil.
  • Laptop bukan pemutar multimedia, sebisa mungkin hindari penggunaan fitur multimedia yang berlebihan sehingga baterai tidak terlalu boros.
  • Pastikan RAM kalian sudah dimaksimalkan.
  • Pastikan fitur hibernate di atur karena pada dasarnya fitur ini dapat menghemat baterai laptop kalian
  • Apabila kalian sedang tidak online sebaiknya fitur wifi di matikan.
  • Cabut Charger saat daya sudah mencapai 100%
  • Gunakan Charger yang asli atau original.
  • Charge laptop dalam keadaan mati.
  • Jangan menunggu hingga baterai 0% untuk charge baterai laptop.
  • Hapus aplikasi yang tidak pernah di gunakan.


Dalam sebuah komputer atau laptop, ada baterai laptop yang jauh lebih kecil untuk menjalankan jam real-time dan untuk menyimpan konfigurasi BIOS dalam memori CMOS ketika komputer dimatikan. Baterai lithium-ion tidak memiliki memory effect pada baterai yang lebih tua. Efek memori terjadi ketika salah satu tidak menggunakan baterai sampai batas yang paling penuh, kemudian mengisi kembali baterai.

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna mengenai baterai laptop adalah penggunaan yang tidak sesuai petunjuk misalnya tetap memasang baterai walaupun laptop disimpan untuk beberapa bulan. Ini akan menyebabkan jadi lembab dan bahkan mungkin jadi kembung.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan