Monday, January 22, 2018

WhatsApp Akan Meluncurkan Fitur Pembayaran Digital Sebagai Pengganti Uang Tunai Untuk Melakukan Transaksi Pembayaran

SeputarDuniaTeknologi, Kabar gembira mulai terdengar pada telinga pecinta aplikasi WhatsApp di awal tahun ini, aplikasi yang biasanya di gunakan untuk chatting, video call atau yang lain sebagainya, kini aplikasi WhatsApp dikabarkan bakal merilis fitur pembayaran versi digital sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan transaksi pembayaran. Pengguna WhatsApp nantinya bisa berbelanja dengan fitur uang digital yang terintegrasi sebagi pengganti uang tunai.

Untuk tahap pertama yang akan di luncurkan oleh aplikasi WhatsApp sebagai pembayaran uang digital WhatsApp akan dirilis di India pada Februari 2018 yang akan datang. Kabar ini sudah beredar luas di kalangan pecinta aplikasi WhatsApp, hal ini diumbar beberapa sumber dalam yang familiar dengan pengembangan fitur tersebut.

“Platform pembayaran di WhatsApp sudah dalam tahap pengujian dengan salah satu mitra bank. Kami memprediksi peluncurannya akhir Februari 2018 mendatang, tergantung dari hasil uji coba saat ini,”

WhatsApp sendiri disebut-sebut bakal mengintegrasikan fitur pembayaran berbasis Unified Payments Interface (UPI) dengan beberapa bank, antara lain State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Salah satu seseorang dari perwakilan pihak bank pun meng-iyakan rencana WhatsApp tersebut. Ia mengatakan ada beberapa tahap yang tengah dijalani oleh pihak WhatsApp untuk melengkapi integrasi yang diperlukan dengan para bank.

“Kami sedang melakukan pengecekan keamanan untuk menjamin keamanan data pengguna WhatsApp” kata perwakilan bank tersebut.

Tahap terakhir yang di lakukan untuk pengujian fitur ini yaitu dengan melakukan pembayaran ke beberapa pengguna terpilih, sebelum membawanya ke seluruh pengguna WhatsApp.

Dengan lebih dari 200 juta pengguna yang aktif menggunakan aplikasi WhatsApp di Negara India, WhatsApp memiliki jangkauan untuk membawa pembayaran seluler ke berbagai pemirsa baru. UPI telah melihat adopsi yang kuat sejak diluncurkan tahun lalu, dan penambahan WhatsApp akan memperkuat posisinya sebagai platform pembayaran mobile terkemuka di negara ini.

Untuk saat ini, WhatsApp telah mengantongi izin pemerintah India untuk mengintegrasikan UPI dengan para bank pada Juli 2017 yang lalu. Fitur pembayaran pada layanan milik Facebook tersebut sudah dinanti-nanti, sebab WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat populer di India dengan basis massa lintas populasi.

Namun kabar tersebut belum jelas kapan fitur pembayaran pada WhatsApp akan hadir dan bisa di gunakan pada negara-negara lain termasuk Indonesia dan juga Negara lainnya.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan