Saturday, January 6, 2018

Penyebab Laptop Mati Dan Cara Mengatasinya

SeputarDuniaTeknologi, Penyebab laptop mati atau sering shurtdown secara tiba-tiba, lalu bagaimana cara mengatasinya?
Kondisi seperti itu adalah salah satu kondisi yang sangat tidak di harapkan oleh semua orang khususnya pengguna laptop, ketika kalian sedang asyik-asyiknya mengerjakan tugas, bermain game, browsing atau sedang nonton film, namun tiba-tiba laptop kalian mati sendiri. Kondisi seperti itulah yang membuat kalian merasa sangat jengkel dan tentunya juga pusing, dan bertanya "kenapa dengan laptop saya?"

Kejadian seperti itu tidak dapat di pungkiri lagi, karena membuat kita merasa khawatir dengan keadaan laptop yang seperti itu, sebab sebelum-sebelumnya komdisi laptop masih baik dan berfungsi normal, tidak mengalami hal seperti itu. Ketika laptop tiba-tiba mati sendiri, maka kebanyakan orang akan menyimpulkan bahwa laptop tersebut telah rusak.

Belum tentu keadaan seperti itu, laptop kalian di katakan rusak. Pahami terlebih dahulu kondisi laptop kalian saat ini, mengapa laptop kalian tiba-tiba mati seperti itu?
Bisa jadi laptop kalian tengah mengalami kondisi seperti di bawah ini :

Laptop mati, bisa di sebabkan karena laptop tidak pernah di "istirahatkan" dalam waktu yang lama.
Apabila kalian sedang serius mengerjakan sesuatu, baik itu berupa tugas atau projek lainnya yang membutuhkan proses dan pengolahan yang sangat lama. Dan laptop hanya di buat mode sleep, agar tidak repot membuka lagi sesuatu yang di kerjakan pada laptop tersebut.

Bahkan laptop di paksa untuk melakukan aktifitas serupa dalam waktu yang lama, bahkan berhari-hari. Jika hal tersebut di lakukan secara terus menerus, maka laptop akan mengalami sesuatu yang tidak di duga-duga, dan salah satunya adalah tiba-tiba laptop mengalami mati dengan sendirinya.

Sebagai solusinya, silahkan istirahatkan laptop kalian selama kurang lebih 3 jam saja, agar saat akan menggunakan lagi, laptop sudah berada dalam kondisi prima.


  • Adanya permasalahan dalam Oprating System (OS)

Masalah lain yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati deng sendirinya yaitu sistem operasi yang di gunakan pada laptop tersebut bermasalah atau error. kemungkinan OS laptop telah terpapar virus atau malware. Bisa juga karena laptop crash, karena di paksa melakukan aktifitas secara berlebihan

Salah satu penyebab laptop crash adalah laptop sering di restart. Untuk masalah seperti ini, kalian tinggal menginstal ulang sistem operasi laptop kalian. Jangan lupa perhatikan rekonstruksi laptop kalian sebelum menginstal.


  • Banyaknya kotoran dan debu yang menempel di dalam laptop

Kotoran atau debu yang menempel pada bagian dalam laptop akan mengakibatkan berbagai masalah. Apabila laptop kalian dalam kondisi seperti ini, maka laptop akan mengalami overheat. Jika kotoran atau debu ini sampai masuk ke bagian kipas (pendingin laptop) dan saluran pembuangan udara, maka laptop akan cepat panas dan akibatnya laptop akan mengalami mati secara tiba-tiba.

Untuk solusi masalah seperti ini, kalian bisa bongkar casing laptop, kemudian bersihkan secara lembut menggunakan kuas. Hati-hati dengan komponen-komponen pada laptop. Apabila kalian tidak yakin utnuk membersihkan sendiri, silhakan saja kalian meminta abntuan kepada teman kalian yang berpengalaman dengan hal seperti ini.


  • Laptop mati ketika bermain game

Ketika kalian sedang bermain game namun tiba-tiba laptop kalian mati, kemungkinan mainboard rusak. Karena mainboard merupakan hardware yang perannya cukup sentral pada laptop. Kejadian seperti ini serng menimpa laptop yang telah berumur. Selain itu, penyebab mainboard rusak di karenakan sering di gunakan secara terus-menerus dalam durasi yang sangat lama.

Apabila mainboard rusak, tidak dapat di deteksi begitu saja, kalian harus membawanya ke service untuk mengetahuinya, jika ternya mainboard laptop rusak, maka lebih baik mengganti laptop saja, sebab mainboard hampir sama dengan harga satuan laptop.


  • Adanya permasalahan pada RAM laptop

RAM merupakan tempat penyimpanan data-data di dalam komputer atau laptop, jika RAM sampai bermasalah, jangankan mengopersikan laptop, masuk booting saja tidak akan terjadi.
Namun tidak perlu khawatir, ada hal kecil yang bisa kalian lakukan jika penyebab laptop mati yang di akibatkan oleh RAM. Silahkan kalian buka casing laptop, keluarkan RAM dari tempatnya, lalu bersihkan tembaga (bagian luar) RAM dengan menggunakan penghapus pensil. Bersihkan secrara perlahan, jika dirasa sudah bersih, silahkan masukkan kembali RAM ke dalam tempatnya.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan