Saturday, October 21, 2017

4 Cara Membedakan antara RAM dengan ROM

Random Access Memory atau sering di kenal dengan sebutan RAM dan Read Only Memory atau sering di kenal dengan ROM merupakan komponen komputer yang ikut andil dalam bekerjanya sebuah komputer dan juga laptop. Banyak orang yang sering bertanya tentang perbedaan antara RAM dan ROM, pada artikel kali ini saya akan menyampaikan beberapa cara membedakan antara RAM dengan ROM.

Pada dasarnya, RAM merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara dari suatu data program yang ada pada komputer dalam keadaan aktif. RAM tersebut berfungsi sebagai komponen penggerak atau otak dari sebuah komputer. Sedangkan ROM, merupakan alat penyimpanan dalam sebuah komputer yang dapat menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, gambar, audio, video dan juga masih banyak file lainnya.

Untuk membedakan antara RAM dengan ROM, kalian bisa membaca 4 cara membedakan antara RAM dengan ROM :


  • Di lihat dari kapasitas penyimpanan

Pada umumnya, RAM memiliki kapasitas penyimpanan dari MB hingga GB dan untuk kecepatannya juga cukup tinggi dalam membaca data. Kapasitas RAM pada suatu komputer dapat di tingkatkan lagi jika komputer tersebut sudah tersedia Free Slot untuk RAM
Sedangkan kapasitas pada ROM tidak dapat di ubah ubah karena isi dari ROM sudah permanen dan secara default di program dari pabrik pembuatannya. Kecepatan pada ROM bisa di katakan lebih rendah di bandingkan dengan RAM ketika membaca data.


  • Sifat data yang di simpan

RAM membutuhkan daya tambahan untuk menyimpanmsuatu data sehingga data tersebut bersifat sementara. Hal tersebut di dukung oleh fakta bahwa data yang di simpan dalam RAM akan hilang ketika komputer di matikan atau secara tiba-tiba koputer tersebut mati. Sementara ROM tidak membutuhkan daya tambahan untuk menyimpan suatu data sehingga data yang ada di dalamnya bersifat permanen, data tidak akan hilang meskipun komputer di matikan atau tiba-tiba komputer mati.


  • Dilihat dari perbedaan fungsi

Fungsi ROM yan paling utama adalah menyimpan data yang biasa tertanam oleh pabrik bawaannya, sehingga tidak dapat di ubah-ubah. Data yang di simpan adalah firmware, yaitu sebuah software yang menghubungkan program dengan hardware komputer dan mempersiapkan semua hardware sebelum komputer di gunakan. ROM hanya berperan saat komputer dalam kondisi booting atau start up. Sementara RAM di gunakan untuk membuat salinan data atau program yang sedang berjalan dari hard disk dan mengolah data atau program yang sedang di jalankan. RAM berperan ketika komputer sedang aktif.


  • Dilihat dari proses penulisan data

ROM tidak dapat di isi data sewaktu waktu saat kalian sedang membutuhkan, pengisian data pun di lakukan dengan adanya proses khusu dan hamya dengan langkah-langkah tertentu. Kebanyakan data ROM di isikan oleh pabrik pembuatannya. Sedangkan data RAM dapat di isi kapan saja bahkan secara tidak sadar pun kalian terkadang melakukan pengisian data ke RAM. Sebagai contohnya, ketika kalian sedang mengcopy sebuah tulisan, maka tulisan tersebut akan tersalin dan di simpan dalam RAM untuk sementara waktu hingga salinan tersebut tertindih oleh salinan lain atau ketika komputer sedang di matikan.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan