Saturday, December 23, 2017

Tips Memilih Handphone Second (Bekas) yang Berkualitas Bagus

SeputarDuniaTeknologi, Saat ini banyak berbagai macam tipe handphone Android baru yang bermunculan di setiap saat dengan berbagai merk, tipe dan varian yang berbeda-beda. Dan tentunya juga tidak semua orang akan langsung tergiur untuk membelinya karena banyak yang lebih memilih untuk membeli handphone bekas (second) karena harganya lebih murah di bandingkan dengan membeli handphone baru.

Mungkin dari segi harga itu tergantung spesifikasi yang diberikan, akan tetapi secara garis besar untuk kelas smartphone. Smartphone android lah yang paling lengkap dengan fitur yang bagus dan harga yang lebih terjangkau jika kalian bandingkan dengan smartphone jenis lain. Akan tetapi tidak sedikit dari kalian yang kadang ingin membeli smartphone tertentu, akan tetapi harga baru sebuah handphone android masih dirasa mahal. Nah solusi terbaik adalah dengan membeli smartphone bekas atau second dengan tipe tertentu, tahukah kalian bahwa handphone android bekas tentu lebih murah dibandingkan dengan hp android baru. Bahkan kadang untuk harganya bisa jauh dari harga baru, misalnya harga baru sekitar 3 juta maka jika second bisa dibawah 1.5 juta. Wah tentu saja sangat murah kan sobat bahkan mungkin bisa saja jika seseorang lagi butuh uang dan menjual handphone android bekas bisa jauh banget harganya sehingga semakin murah, namun yang perlu kalian teliti adalah kualitas dari hp android tersebut.

Jangan terlena akan harga yang murah, belum tentu android yang murah itu bagus. Yang perlu kalian perhatikan dengan benar adalah spesifikasi dan kondisi handphone android yang hendak anda beli, sebab banyak dari kalian yang akan membeli hp second / bekas yang tertipu. Akan tetapi dengan membeli handphone android yang bekas (second) yang bagus dan tidak gampang rusak bisa di ibaratkan seperti beli kucing dalam karung, kadang untung atau malah jadi rugi dan merasa tertipu. Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kalian baca artikel ini tentang Tips Memilih Handphone Bekas (Second) yang Bagus dan Tidak Mudah Rusak

Tips memilih handphone Android bekas (second) yang Berkualitas Bagus


  • Body Handphone

Pada Body Handphone(Fisik luar / ) periksalah bagian ujung atau sudut body apakah terlihat bompel, retak, atau lecet yang kemungkinan terjadi karena handphone jatuh. Periksa juga permukaan layar apakah terlihat gelap di bagian sisi atau pinggirannya dan lihat apakah ada tanda-tanda hp pernah tersiram air.


  • Storage & RAM mencukupi

Pastikan storage penyimpanan internal minimal adalah 16GB dan Ram 1GB supaya tetap awet dipakai lama. Karena bila kurang dari itu, handphone android second yg dibeli akan kesulitan menginstall banyak applikasi atau game dan performa akan menjadi lemot.


  • Versi Android yang terinstall

Bila kamu memiliki beberapa pilihan handphone second yang ingin dibeli dan bingung memutuskan yang mana. Alternatif terakhir adalah dengan memilih handphone bekas dengan versi Android yang baru. Kamu bisa memeriksa versi Android melalui Option > Abut Phone (Pengaturan > Tentang Telepon) dan lihat di bagian Android Version.


  • Tes fungsi-fungsi dasar handphone

Lakukan test untuk beberapa fungsi dari handphone second atau bekas yang ingin dibeli seperti:

  1. Menelepon supaya mengetahui apakah ada kerusakan di speaker dan microphone.
  2. Periksa GPS handphone dengan menggunakan applikasi seperti Google Map, pastikan google map dapat mengetahui posisi kamu dengan akurat.
  3. Dengarkan musik untuk periksa loudspeaker dan juga headset.
  4. Ambil beberapa foto dan periksa hasil yang didapat telah memuaskan dan lampu flash menyala.

Cara lain adalah dengan masuk ke mode engineering  mode dimana kalian bisa mengetest beberapa sensor seperti magnetic sensor, proximity sensor, camera, backlight, gyro, kondisi baterai, dll. Untuk mayoritas handphone android, fitur  enginering mode dapat diakses dengan mengetik *#*#4636#*#* dari aplikasi dialer telepon.

No comments:
Write comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai topik pembahasan